Pages

Minggu, 02 Juni 2013

Kenali 7 Penyebab Bungkuk yang Tidak Anda Sadari

Jakarta, Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa melakukan kebiasaan sehari-hari bisa berpengaruh pada pembentukan postur tubuh. Nah, agar tak bungkuk, kenali 7 penyebab bungkuk yang tidak Anda sadari untuk mengurangi risikonya.

Seseorang yang memiliki postur tubuh yang buruk seperti bungkuk terlihat seperti tidak percaya diri. Selain itu, dalam jangka panjang bungkuk akan merugikan kesehatan secara keseluruhan.

"Kerugian fisik secara langsung misalnya menimbulkan nyeri pada punggung dan leher," imbuh dr Tina Mahendrakar, ahli fisioterapi.

Berikut 7 kebiasaan penyebab postur tubuh bungkuk, seperti dilansir Times of India, Jumat (31/5/2013):

1. Membiasakan bungkuk karena pernah nyeri
Bila Anda pernah mengalami sakit di punggung, leher atau bagian lain dari tubuh, Anda biasanya cenderung akan mengatasi rasa sakitnya memberi posisi tubuh Anda yang berbeda.

Bila kebiasaan ini dilanjutkan dalam jangka panjang akan menimbulkan perubahan postur dan menimbulkan rasa sakit atau cedera otot yang lebih parah.

2. Tidak cukup gizi
Tulang belakang dan tulang punggung membutuhkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh dengan kuat dan tegak. Gizi rendah dan kurangnya vitamin serta kalsium dapat mempengaruhi kekuatan tulang dan otot. Sebab, tubuh tidak memberikan kekuatan dan fleksibilitas yang memadai untuk menahan postur tubuh yang benar.

3. Berat badan berlebihan
Menurut dr Tina, berat badan berlebihan juga dapat menjadi alasan tubuh seseorang bungkuk. Orang dengan berat badan ekstra di sekitar perut biasanya memiliki masalah dengan punggung bawah tertarik ke depan yang disebabkan oleh beratnya perut.

4. Cara berjalan
Cara Anda berjalan dapat menjadi alasan postur tubuh yang buruk. Misalnya, jika Anda selalu berjalan dengan kepala di bawah atau dengan bahu yang merosot, ini dapat menyebabkan postur tubuh Anda menjadi terbiasa bungkuk.

5. Membawa beban di satu sisi bahu saja
Masih banyak orang yang terbiasa membawa tas dengan beban berlebih di satu sisi bahu saja. Ini juga berkontribusi untuk membentuk postur yang tidak seimbang.

6. Pekerjaan
Pekerjaan yang terlalu banyak dilakukan di meja, seperti pekerja kantoran menjadi penyebab paling umum punggung yang bungkuk. Menurut dr Tina, pekerja kantoran sering duduk dengan posisi kursi yang tidak mendukung tulang punggung. Akibatnya, punggung menjadi bungkuk.

7. Gaya hidup
Pakaian dan sepatu sangat mempengaruhi postur. Pada perempuan yang sering menggunakan high-heels, mereka lebih rentan bermasalah dengan postur tubuh.

Menurut dr Tina, selain high-heels, pemakaian sepatu bot, pakaian ketat, celana jeans dengan pinggang rendah, dan ikat pinggang lebar dapat menyebabkan postur tubuh menjadi buruk.

Sebab, ketika Anda menggunakan sesuatu yang tidak nyaman seperti ikat pinggang lebar atau sepatu bertumit tinggi, akan menyebabkan perubahan pusat gravitasi. Pada akhirnya, ini menyebabkan postur tubuh menjadi bungkuk atau tidak tegak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

http://www.kompas.com/

Blogroll

Music Topic

About